Manfaat Minyak Zaitun dan Khasiatnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Minyak zaitun atau yang lebih dikenal dengan olive oil (minyak olive),  merupakan minyak yang dihasilkan dari buah pohon zaitun (Olea Europaea) yaitu sebuah pohon tradisional yang terdapat di daerah basin di wilayah Mediterania. Menurut hasil penelitian para ahli minyak ini mengandung lemak tak jenuh yang sangat tinggi, yaitu berupa asam oleik dan polifenol. Minyak ini telah digunakan dalam pengobatan selama berabad-abad silam sejak zaman Mesir kuno dan di zaman para nabi. Beberapa manfaat minyak zaitun yang sudah teruji sejak zaman dulu yaitu khasiatnya yang sangat baik dalam mengobati berbagai macam penyakit, menjaga kesehatan tubuh, perawatan kulit, kecantikan wajah dan rambut. Di zaman dahulu minyak ini mempunyai mitos bisa memanjangkan umur, hal tersebut mungkin karena khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan. Memasuki zaman modern ini ternyata banyak ahli yang melakukan penelitian tentang penggunaan minyak zaitun dan mendapatkan hasil bahwa seseorang yang banyak mengkonsumsi minyak zaitun secara tepat dan teratur mempunyai catatan kesehatan yang lebih baik, sehingga otomatis mereka hidup lebih sehat dengan usia yang lebih panjang.

Minyak ini mengandung beberapa zat yg sangat baik untuk kesehatan seperti protein, air, lemak tak jenuh, garam mineral, kalsium dan besi, beberapa vitamin juga terkandung didalamnya seperti vitamin A, B, C, D dan E. Dengan kandungan-kandungan zat tersebut minyak zaitun sering digunakan sebagai penyedap rasa dalam proses pengolahan makanan. Di negara-negara Eropa terutama di daerah sekitar Mediterania seperti Italia, Spanyol, Yunani dan Turki minyak ini menjadi bumbu wajib dalam menu masakan mereka. Selain menambah citarasa yang lezat terhadap masakan juga karena mereka sangat concern terhadap kesehatan, karena umumnya orang-orang di negara tersebut mempunyai harapan hidup yang sangat tinggi. Mereka banyak menggunakan minyak ini sebagai pengganti minyak hewani di dalam masaknnya karena khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Inilah beberapa manfaat minyak zaitun untuk kesehatan yang bisa anda jadikan sebagai panduan untuk menjalani hidup sehat secara alami. 

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur, baik secara langsung maupun dengan menggunakannya sebagai lemak nabati dalam masakan anda, hal tersebut akan membantu menurunkan kadar kolesterol LDL yang sangat berbahaya bagi jantung anda. Kandungan lemak tak jenuhnya membantu menghasilkan jumlah kolesterol HDL yang menguntungkan bagi tubuh. Selain itu minyak ini juaga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas yang dapat membantu melawan berbagai penyakit termasuk kanker.

2. Menjaga Keseimbangan Berat Badan

Penggunaan minyak zaitun secara tepat untuk menggantikan lemak hewani dalam berbagai menu masakan dapat menghindarkan anda dari kegemukan karena mengandung asam lemak yang sangat baik untuk menghilangkan lemak yang tidak diperlukan tubuh. Namun harus diperhatikan juga bahwa penggunaan minyak ini secara berlebihan akan mengakibatkan hal yang sebaliknya.

3. Mencegah Osteoporosis dan Membantu Pertumbuhan Tulang

Kandungan vitamin E yang sangat tinggi dalam minyak ini sangat membantu penyerapan kalsium yang tinggi untuk kebutuhan pertumbuhan tulang di dalam tubuh kita. Sehingga tulang kita akan lebih kuat dan tidak mudah keropos. Untuk anak yang masih di dalam masa pertumbuhan sangat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi minyak ini karena bisa mengoptimalkan pertumbuhan tulang serta otot-ototnya.

4. Mengurangi Efek Peradangan di Dalam Tubuh

Tidak seperti minyak hewani yang mempunyai sifat panas dan menimbulkan peradangan di dalam tubuh, minyak zaitun justru mudah dicerna dan bersifat menetralisir lemak jenuh sehingga bisa mengurangi efek peradangan sel-sel tubuh. Misalnya ketika terjadi gangguan pencernaan karena ada luka di dalam usus ,minyak ini bisa membantu menyembuhkan luka pada usus tersebut dan dan menghilangkan panas di dalam perut.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan Wajah, Kulit dan Rambut

Sejak zaman dahulu di daerah asalnya minyak zaitun dipercaya memiliki khasiat untuk kecantikan wanita. Minyak ini sering digunakan oleh para permaisuri raja Mesir yang hidup pada zamannya. Mereka menggunakan minyak ini untuk merawat wajah dan kulit dengan cara berendam dan mandi dalam cairan minyak ini. Seiring dengan ilmu pengetahuan yang terus berkembang, saat ini minyak zaitun banyak dipakai sebagai bahan utama pembuatan beberapa produk kosmetik. Namun banyak juga perempuan yang menggunakan minyak ini secara alami untuk perawatan kecantikan mereka. Berikut ini beberapa manfaat minyak zaitun untuk kecantikan wajah, kulit dan rambut untuk anda wanita yang ingin tampil lebih cantik secara alami.



1. Menghaluskan Kulit Wajah dan Menghilangkan Kerutan pada Wajah

Kulit wajah menjadi bagian yang sangat penting bagi penampilan seorang wanita, karenanya wanita sangat memperhatikan sekali perawatan kulit ini. Minyak zaitun sangat berguna sekali untuk merawat kulit wajah, dengan kandungan vitamin E-nya mampu mempercepat regenerasi sel-sel kulit yang mati. Untuk kulit wajah yang kering dan kasar minyak ini sangat cocok digunakan langsung sebagai masker ataupun bisa dicampur dengan bahan lain seperti kuning telur, madu dan jeruk nipis. Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah dan mengurangi kerutan pada wajah anda bisa membuat ramuan berupa campuran dari setengah sendok makan cuka apel, setengah sendok makan air putih dan satu sendok makan minyak zaitun. Setelah diaduk sampai rata anda bisa mengoleskannya pada wajah yang sebelumnya telah dibasahi dengan air. Hal ini bisa anda lakukan setiap malam sebelum tidur.

2.  Menjaga Kelembaban Kulit dan Membersihkan Sel-Sel Kulit Mati 

Anda yang mempunyai kulit kering dan sering beraktivitas di alam terbuka atau sering terkena sinar matahari secara langsung tentu sering mempunyai masalah dengan kulit anda yang semakin kering. Terutama untuk bagian-bagian seperti siku, lutut, atau kaki bagian bawah sampai pecah-pecah dan kasar. Salah satu sifat dari minyak zaitun adalah memberikan kelembaban, kandungan kolagennya mampu membersihkan sel-sel kulit mati dan mempercepat tumbuhnya sel-sel kulit baru. Oleh karena itu untuk menjaga kelembaban kulit anda, bisa melumuri seluruh tubuh anda dengan minyak zaitun sebelum anda beraktivitas. Atau minyak ini bisa juga dicampur dengan air yang digunakan untuk anda mandi. Untuk mengobati pecah-pecah pada kulit bagian sikut atau kaki anda bisa gunakan campuran minyak zaitun dan gliserin dengan takaran yang sama, atau bisa juga dengan menggunakan sebuah lemon yang dipotong menjadi dua bagian, kemudian teteskan minyak zaitun pada masing-masing potongan lemon tersebut, lalu tempelkan potongan lemon tersbut pada bagian siku atau  kaki dan biarkan selama 10 (sepuluh) menit.

3. Menjaga Kesehatan dan Keindahan Rambut

Minyak zaitun memiliki nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan rambut, terutama dalam memperbaiki struktur kutikula rambut. Antioksidannya mampu mengurangi kerusakan rambut yang terjadi akibat terkena sinar matahari dalam waktu yang lama, sering berada di dalam ruangan ber-AC maupun karena penggunakan produk perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia, seperti obat pewarna, obat pelurus dll. Minyak ini juga mengandung hormon DTH yang bisa mencegah kerontokan rambut. Untuk mencegah rambut rontok anda bisa melakukan pijatan dengan mengunakan minyak zaitun pada seluruh kulit kepala setiap sore hari, kemudian menutupnya dengan handuk semalaman dan membukanya di pagi hari, setelah itu lakukan keramas dengan sampo yang mengandung minyak zaitun. Untuk menghilangkan ketombe dan gatal-gatal di kulit kepala, anda bisa mencampur minyak zaitun dengan minyak jarak ditambah air seduhan daun mentol dan air perasan lemon kemudian diaduk sampai rata, kemudian balurkan secara merata pada kulit kepala anda sambil dipijat perlahan, kemudian tutup dengan handuk hangat dan diamkan selama 15 (lima belas) menit lalu bilas.

Beberapa manfaat minyak zaitun diatas bisa menjadi salah satu solusi bagi anda yang sedang mencari cara untuk hidup lebih sehat dan cantik secara alami, terutama bagi anda seorang wanita. Anda juga bisa membaca manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan yang berkaitan dengan penampilan dan kesehatan. Hal ini bisa anda lakukan sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang bisa anda beli dari toko kosmetik, toko obat dan pasar tradisional di kota anda. Dari segi biaya tentu ini akan lebih menghemat keuangan anda dibandingkan dengan apabila anda melakukan hal ini di salon.Semoga bermanfaat.



0 Response to " Manfaat Minyak Zaitun dan Khasiatnya Bagi Kesehatan dan Kecantikan "

Post a Comment